Pengembangan UKBM-EL biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem gerak untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang / Cynthia Putri Yuwana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan UKBM-EL biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem gerak untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang / Cynthia Putri Yuwana

Yuwana, Cynthia Putri (2022) Pengembangan UKBM-EL biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem gerak untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang / Cynthia Putri Yuwana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi di abad XXI merupakan faktor utama yang menunjang adanya perubahan tidak terkecuali perubahan yang terjadi di dunia pendidikan. Seiring dengan hal tersebut membuat tuntutan di bidang pendidikan semakin tinggi. Pada pembelajaran IPA khususnya Biologi kompetensi yang dinilai penting dan harus dimiliki siswa adalah keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi di SMA Laboratorium UM Malang sebesar 60% siswa belum tuntas mencapai KKM mata pelajar biologi yaitu 75 dan memiliki indeks keterampilan berpikir kritis yang sangat rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penggunaan bahan ajar yang memanfaatkan teknologi untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran biologi dan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa sangat diperlukan. Salah satu bahan ajar yang banyak digunakan guru adalah UKBM yang dapat dikembangkan menjadi UKBM-El. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk UKBM-El dan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus RPP soal tes formatif dan soal tes KBK materi sistem gerak untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. model penelitian yang digunakan yaitu penelitan pengembangan Lee dan Owens (2004). Prosedur penelitian dan pengembangan terdiri dari lima tahapan yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Produk yang dihasilkan memperoleh kategori sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli perangkat pembelajaran validator ahli materi validator ahli pembelajaran validator ahli media dan praktisi pendidikan biologi. Produk yang dihasilkan memperoleh kategori sangat praktis berdasarkan hasil angket respon siswa pada tahap uji coba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 01:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268470

Actions (login required)

View Item View Item