Alfi'ah, Nurul (2022) Pengembangan e-module sistem reproduksi berbasis problem based learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Nurul Alfi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil skor TIMSS Indonesia tahun 2015 pada bidang sains menunjukkan rendahnya kualitas siswa Indonesia dalam menyelesaikan persoalan sains dengan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan e-module Sistem Reproduksi berbasis PBL yang valid dan praktis untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan subyek penelitian siswa kelas XII MIPA 6 dan XI MIPA 3 SMAN 9 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis kualitatif diperoleh dari komentar dan tambahan dari validator praktisi pendidikan dan siswa. Teknik analisis kuantitatif diperoleh dari nilai-rata-rata skor angket menggunakan rating scale 5. Hasil uji validasi ahli bahan ajar sebesar 100% dan ahli materi sebesar 99 50% materi tergolong sangat valid Hasil uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan dan siswa melalui Conduct Formative Revisions dan Conduct a Pilot Test tergolong sangat valid. Pengembangan e-module Sistem Reproduksi berbasis PBL disajikan dalam bentuk flipbook. Sebaiknya diperlukan uji lanjut efektifitas dan pengembangan e-module tanpa menggunakan koneksi internet sehingga mempermudah penggunaan siswa pada penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268457 |
Actions (login required)
View Item |