Pengembangan e-module berbasis problem based learning untuk melatih literasi sains dan hasil belajar peserta didik kelas xi pada materi sistem koordinasi dan bahaya napza / Dwi Agustin Nurul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis problem based learning untuk melatih literasi sains dan hasil belajar peserta didik kelas xi pada materi sistem koordinasi dan bahaya napza / Dwi Agustin Nurul Hidayah

Hidayah, Dwi Agustin Nurul (2022) Pengembangan e-module berbasis problem based learning untuk melatih literasi sains dan hasil belajar peserta didik kelas xi pada materi sistem koordinasi dan bahaya napza / Dwi Agustin Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi peserta didik di Indonesia harus ditingkatkan karena berhubungan dengan hasil belajar peserta didik salah satunya yakni literasi sains. Literasi sains peserta didik di SMAN 5 Malang kelas XI MIPA F3 masih tergolong sangat rendah dengan rerata nilai 25 67. Rendahnya literasi sains tersebut diatasi dengan menciptakan produk pengembangan berupa e-module berbasis model problem based learning (PBL) untuk melatih literasi sains dan hasil belajar kognitif peserta didik SMAN 5 Malang materi sistem koordinasi dan bahaya napza yang valid dan praktis. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan ADDIE (Analyze Design Develop Implement dan Evaluate) dengan revisi pada tiap tahapan. Hasil uji kevalidan ahli bahan ajar e-module materi sistem koordinasi dan bahaya napza masing-masing 99 7% dan 100% uji kevalidan ahli materi asesmen serta praktisi lapangan mendapatkan skor 100% dan uji kevalidan perangkat pembelajaran dengan skor 96 89% dan 99 45%. Hasil uji kepraktisan oleh ahli praktisi lapangan untuk kedua shy e-module yakni 96% dan uji kepraktisan oleh peserta didik mencapai rerata dengan rentang persentase 85.42% hingga 92.38%. Berdasarkan hasil uji kevalidan dan kepraktisan tersebut maka kedua e-module sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan namun uji keefektifan harus dilakukan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268456

Actions (login required)

View Item View Item