Pengembangan e-lkpd berbasis model pembelajaran grup investigasi pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas x MIPA MAN Kota Batu / Mutik Makhdania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-lkpd berbasis model pembelajaran grup investigasi pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas x MIPA MAN Kota Batu / Mutik Makhdania

Makhdania, Mutik (2022) Pengembangan e-lkpd berbasis model pembelajaran grup investigasi pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas x MIPA MAN Kota Batu / Mutik Makhdania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini disebabkan oleh kurangnya keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa MAN Kota Batu serta perlunya inovasi mengenai media pembelajaran yang akan digunakan oleh siswa. Tujuan adanya penelitian ini untuk menghasilkan E-LKPD berbasis model pembelajaran grup investigasi pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA MAN Kota Batu yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE oleh Branch (2009) terdiri dari 5 tahapan yaitu 1) menganalisis (analyze) 2) mendesain (design) 3) mengembangkan (develop) 4) mengimplementasi kan (implement) 5) mengevaluasi (evaluate). Penelitian ini tidak melakukan tahap implementasi. Hasil penelitian ini berupa data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data deskriptif kuantitatif diperoleh dari persentase skor hasil uji validasi dan skor hasil uji kepraktisan oleh siswa. Hasil uji menunjukkan validitas materi 89% valid validitas media 97 5% valid dan validitas praktisi pendidikan biologi 100% valid. Hasil uji kepraktisan E-LKPD oleh siswa melalui uji perorangan (one-to-one trial) menunjukkan 91 1% praktis uji kelompok kecil (small grup trial) menunjukkan 92 8% praktis dan pada uji lapangan (field trial) menunjukkan 93 6% menyatakan praktis. Data deskriptif kualitatif penelitian ini diperoleh berdasarkan tanggapan dan saran perbaikan oleh masing-masing validator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268455

Actions (login required)

View Item View Item