Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning (PBL) materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XI SMA Nasional Malang / Tasha Nada Alrafifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning (PBL) materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XI SMA Nasional Malang / Tasha Nada Alrafifah

Alrafifah, Tasha Nada (2022) Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning (PBL) materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XI SMA Nasional Malang / Tasha Nada Alrafifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad ke 21 ini para siswa membutuhkan kompetensi dalam pembelajaran biologi diantaranya adalah berkemampuan dalam berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi. Penelitian dan pengembangan ini memiliki maksud untuk menyusun dan menghasilkan modul elektronik berbasis PBL yang dinilai valid serta praktis. Modul elektronik diharapkan mampu melatih siswa kelas XI untuk berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi. Pengembangan Modul elektronik ini didasari oleh bahan ajar yang digunakan siswa masih belum memadai dan kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam bahan ajar kurang mampu untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan melatih siswa berpikir secara kritis. Model yang diimplementasikan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi ahli media ahli perangkat pembelajaran praktisi lapangan dan siswa kelas XI. Hasil Validasi dari ahli materi ahli media praktisi lapangan adalah 100% 99% 99%. Hasil validasi silabus RPP pre-test dan post-test serta soal evaluasi hasil belajar kognitif siswa yang di validasi oleh ahli perangkat pembelajaran yaitu 95% 93% 89% dan 89%. Modul elektronik dan perangkat pembelajaran yang telah di validasi termasuk sangat valid untuk di gunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil persentase uji coba kepada siswa dengan beberapa tahap yaitu One to one trial small group trial dan field trial yaitu 92% 94% 88% dan yang termasuk sangat praktis untuk di gunakan. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengembangan inii modul elektronik yang dikembangkan valid sertapraktis untuk di gunakan dalam kegiatan belajar biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268449

Actions (login required)

View Item View Item