Pengembangan asesmen autentik untuk melatih keterampilan proses sains pada materi sistem pencernaan siswa kelas xi MA Hasanuddin Blitar / Ainun Mahfudhoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan asesmen autentik untuk melatih keterampilan proses sains pada materi sistem pencernaan siswa kelas xi MA Hasanuddin Blitar / Ainun Mahfudhoh

Mahfudhoh, Ainun (2022) Pengembangan asesmen autentik untuk melatih keterampilan proses sains pada materi sistem pencernaan siswa kelas xi MA Hasanuddin Blitar / Ainun Mahfudhoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asesmen atau yang biasa disebut instrumen penilaian berperan penting dalam proses pembelajaran. Asesmen yang sesuai dengan perspektif abad XXI dapat digunakan untuk mengukur perkembangan belajar siswa dalam keempat aspek pembelajaran- kognitif afektif psikomotor dan metakognisi. Fakta yang ditemukan melalui wawancara kepada guru MA Hasanuddin mengatakan bahwa sekolah terus berusaha melakukan penilaian sesuai K-13 namun pada penerapannya penilaian aspek secara menyeluruh belum dilakukan secara maksimal. Salah satu keterampilan abad XXI yang penting dikuasai oleh siswa yaitu Keterampilan Proses Sains (KPS). KPS dalam penerapannya mampu membantu peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan keterampilan yang dimiliki untuk mendapatkan pemahaman baru dan memudahkan peseta didik menerapkan pemahaman baru tersebut pada kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan asesmen autentik untuk mengukur keterampilan proses sains pada materi sistem pencernaan siswa kelas XI MA Hasanuddin Blitar yang telah melalui uji validitas uji kepraktisan uji efektifitas dan uji reliabilitas produk. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ADDIE (Analyze Design Development Implement Evaluate). Hasil penelitian produk telah melalui uji validitas oleh tiga validator -ahli asesmen 100% ahli materi 100% praktisi lapangan 100%- menunjukkan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan perolehan skor rerata 91 3%. Tingkat efektifitas produk dinyatakan efektif untuk instrumen penilaian praktikum dengan rerata 73 12 dan pada instrumen penilaian kognitif dinyatakan efektif dengan skor rerata 64 63. Tingkat reliabilitas masuk pada kategori sangat reliabel dengan angka 0 92.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268445

Actions (login required)

View Item View Item