Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing materi sistem pencernaan manusia untuk melatih keterampilan berpikir kritis, literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Turen / Cindy Noviana Erintan Siburian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing materi sistem pencernaan manusia untuk melatih keterampilan berpikir kritis, literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Turen / Cindy Noviana Erintan Siburian

Siburian, Cindy Noviana Erintan (2022) Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing materi sistem pencernaan manusia untuk melatih keterampilan berpikir kritis, literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Turen / Cindy Noviana Erintan Siburian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan pada abad 21 terjadi perubahan dimana menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai. Hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Turen diperoleh pada indikator fokus pada sebuah pertanyaan diperoleh total skor 23 81% dengan kategori sangat rendah indikator menganalisis argumen diperoleh total skor 41 43% dengan kategori rendah indikator melakukan deduksi diperoleh total skor 17 14% dengan kategori sangat rendah dan indikator bertanya dan menjawab pertanyaan klarifikasi diperoleh total skor 60% dengan kategori cukup. Rerata skor keterampilan berpikir kritis siswa yaitu sebesar 35 60% dengan kategori rendah. Siswa dengan keterampilan berpikir kritis yang rendah akan mempengaruhi hasil belajar kognitifnya yang tidak maksimal sehingga nilai kognitifnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini didukung oleh hasil ulangan harian materi sistem pencernaan manusia terdapat 66% siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 75). Sedangkan hasil tes literasi sains diperoleh yaitu pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah diperoleh total skor 21 71% dengan kategori sangat rendah indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah diperoleh total skor 22 86% dengan kategori sangat rendah dan indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah diperoleh total skor 15% dengan kategori sangat rendah. Rerata skor literasi sains siswa yaitu sebesar 19 86% dengan kategori sangat rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing materi sistem pencernaan yang valid dan praktis untuk melatih keterampilan berpikir kritis literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Turen serta memvalidasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus terkait pembelajaran menggunakan modul elektronik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan desain instruksional Branch (2009). Model pengembangan ini menggunakan tahapan ADDIE terdiri atas lima yaitu 1) analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi 5) evaluasi. Data dalam penelitian dan pengembangan ini dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan yang diberikan oleh validasi ahli materi ahli media ahli pembelajaran praktisi lapangan (guru) dan angket respon siswa. Sedangkan kuantitatif berupa hasil perhitungan pada uji validasi dan uji kepraktisan yang menghasilkan angka berupa persentase. Hasil uji kevalidan modul elektronik oleh ahli materi 100% ahli media 98 82% Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh ahli pembelajaran 100% silabus oleh ahli pembelajaran 100% dan praktisi lapangan (guru) 97 81% dengan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan di lapangan. Sedangkan hasil uji coba perseorangan 96% uji coba kelompok kecil 93% uji coba lapangan 94% dan conduct pilot test 91% dengan kategori sangat praktis dan layak digunakan di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 07:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268443

Actions (login required)

View Item View Item