Pengembangan permainan "bingo challenge" menggunakan model talking stick pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Turen / Respati Satriyanis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan "bingo challenge" menggunakan model talking stick pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Turen / Respati Satriyanis

Satriyanis, Respati (2022) Pengembangan permainan "bingo challenge" menggunakan model talking stick pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Turen / Respati Satriyanis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media merupakan salah satu faktor penunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Media yang tepat dan dan sesuai dengan tujuan belajar akan mampu meningkatkan pengalaman belajar sehingga anak didik dapat mempertinggi hasil belajar. Menurut observasi yang dilakukan dengan mengambil siswa kelas XI secara acak di SMAN 1 Turen 15 dari 25 siswa lebih memilih media atau bahan ajar cetak sebagai media pembelajaran dengan alasan lebih mudah dipahami dan mudah digunakan daripada menggunakan gadget. SMAN 1 Turen selama ini menggunakan media dan model pembelajaran masih teacher center menunjukkan bahwa keterampilan abad 21 masih belum bisa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan tentang rendahnya berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ADDIE (Analyze Design Development Implement Evaluate). Berdasarkan analisis yang dilakukan menghasilkan media pembelajaran ldquo Bingo Challenge rdquo menggunakan model talking stick pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Turen. Validitas media pembelajaran dari ahli materi media instrumen pembelajaran dan praktisi lapangan mendapatkan rata- rata layak digunakan. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh presentasi sebesar 87 27%. Keefektifan media pembelajaran diperoleh skor gain (gain score) menunjukan nilai 0 65. Ketuntasan belajar klasikal siswa diperoleh presentase 100% sehingga ketuntasan belajar siswa melebihi 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268442

Actions (login required)

View Item View Item