Rochmy, Naily Adniya (2022) Pengembangan e-UKBM materi sistem pencernaan menggunakan Flip PDF berbasis model Argument Driven Inquiry untuk melatih literasi teknologi dan keterampilan argumentasi siswa Kelas XI SMAN 2 Batu / NAILY ADNIYA ROCHMY. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran abad 21 bertujuan memberikan siswa keterampilan berpikir antara lain (1) berkomunikasi (2) berpikir kritis (3) berkolaborasi (4) berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kritis dan komunikasi digabungkan menjadi satu dalam keterampilan argumentasi. Keterampilan argumentasi menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai siswa karena siswa secara bertahap belajar menyelesaikan masalah dari hasil berpikir yang benar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menyusun E-UKBM yang berbasis Argument Driven Inquiry mengenai sistem pencernaan yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah metode Branch. Desain dan isi E-UKBM dirancang menggunakan aplikasi Canva kemudian elemen-elemen E-UKBM yang telah didesain diprogram ke dalam software Flip PDF. Sampel yang digunakan yaitu dua kelas yang meliputi kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 1 SMAN 2 Batu. Subjek pada uji coba penelitian dan pengembangan ini terdiri dari ahli media ahli materi ahli perangkat pembelajaran ahli praktisi pendidikan biologi dan siswa SMAN 2 Batu memperoleh persentase berturut-turut yaitu 100% 98 5% 97%. dan 100%. Hasil dari setiap uji coba menunjukkan bahwa E-UKBM sangat valid dan praktis untuk kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268439 |
Actions (login required)
View Item |