Penentuan kelamin berdasarkan gen zar 1 dalam upaya budidaya ikan sidat (Anguilla bicolor) / Bagus Paramajati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penentuan kelamin berdasarkan gen zar 1 dalam upaya budidaya ikan sidat (Anguilla bicolor) / Bagus Paramajati

Paramajati, Bagus (2018) Penentuan kelamin berdasarkan gen zar 1 dalam upaya budidaya ikan sidat (Anguilla bicolor) / Bagus Paramajati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Paramajati Bagus. 2017. Penentuan Kelamin Berdasarkan Gen zar1 dalam Upaya Budidaya Ikan Sidat (Anguilla bicolor). Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Dwi Listyorini M.Si D.Sc dan (II) Agung Witjoro S.Pd M. Kes. Kata kunci Ikan Sidat gen zar1 Penentuan kelamin Ikan sidat (Anguilla bicolor) merupakan ikan yang berpotensi sebagai komoditas ekspor. Pembudidaya selama ini hanya melakukan pembesaran saja dengan mengambil benih di alam. Pembudidaya belum bisa memijahkan ikan sidat karena secara morfologi kelamin ikan sulit dibedakan. Upaya saat ini sedang dilakukan membedakan kelamin ikan menggunakan teknik molekular. Salah satu gen yang berperan dalam pembentukan kelamin yaitu gen zar1. Gen zar1 berperan dalam pembentukan oosit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekspresi gen zar1 sebagai penanda kelamin betina pada ikan sidat. Hasil penelitian menunjukkan gen zar1 terekspresi pada sampel 1 dan 2 sedangkan sampel 3 dan 4 tidak terekspresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item View Item