Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa kelas VIII MTsN tanjungtani Prambon Nganjuk / Ahya Mujahidin

Mujahidin, Ahya (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa kelas VIII MTsN tanjungtani Prambon Nganjuk / Ahya Mujahidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mujahidin Ahya. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas VIII MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. (2) Siti Imroatul Maslikah S.Si. M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran struktur dan fungsi jaringan tumbuhan inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan kelas VIII model inkuiri terbimbing serta mengetahui hasil uji kelayakan uji kepraktisan dan uji keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Thiagarajan 1974) namun hanya dilakukan pengembangan sampai tahap develop saja. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi dan hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari validator. Hasil menunjukkan bahwa persentase skor validasi perangkat pembelajaran berupa Silabus RPP LKS dan Instrumen Penilaian menghasilkan rata-rata sebesar 91 92% (sangat valid dan layak digunakan). Hasil rerata skor validasi materi pembelajaran adalah 90 28% (sangat valid dan layak digunakan). Hasil uji kepraktisan penggunaan perangkat pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 88 96% (sangat praktis digunakan). Data uji keefektifan menunjukkan bahwa skor rata-rata kompetensi siswa sebesar 84 31 dan nilai tersebut telah melebihi KKM MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk. Kompetensi ranah pengetahuan dari 27 siswa ada empat siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Hal ini menunjukkan ketuntasan siswa pada kompetensi ranah pengetahuan sejumlah 85 18%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26839

Actions (login required)

View Item View Item