Pengembangan bahan ajar kimia berbasis pemahaman konsep, representasi kimia dan kompetensi representasi pada materi asam dan basa untuk siswa SMA/MA Kelas XI / Roudlotul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia berbasis pemahaman konsep, representasi kimia dan kompetensi representasi pada materi asam dan basa untuk siswa SMA/MA Kelas XI / Roudlotul Jannah

Jannah, Roudlotul (2022) Pengembangan bahan ajar kimia berbasis pemahaman konsep, representasi kimia dan kompetensi representasi pada materi asam dan basa untuk siswa SMA/MA Kelas XI / Roudlotul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi kimia asam dan basa yang bersifat abstrak menjadikan materi ini sulit untuk dipahami dan dipelajari oleh peserta didik. Maka dibutuhkan suatu sumber dan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kesulitan tersebut salah satunya adalah bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan disusun secara urut dan didesain dengan menarik sehingga dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam proses belajar. Di dalam bahan ajar konsep-konsep yang bersifat abstrak dapat diilustrasikan dengan representasi kimia dan dijelaskan melalui kompetensi representasi. Berdasarkan uraian diatas penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar kimia berbasis pemahaman konsep representasi kimia dan kompetensi representasi yang layak (2) menganalisis uji validitas dan uji keterbacaan terhadap produk bahan ajar yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (four D) oleh Thiagarajan dkk (1974) yang terdiri dari define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun pada tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya serta perlu dilakukan uji coba berulang kali dengan subjek penelitian yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan rata-rata dan persentase hasil validasi dan keterbacaan dalam skala Likert. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator dan peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket validasi dan angket uji keterbacaan. Produk bahan ajar hasil pengembangan divalidasi oleh dua validator yang terdiri dari satu dosen Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang dan satu guru kimia dari SMA Negeri 1 Dringu. Uji keterbacaan bahan ajar oleh 15 peserta didik kelas XI MIPA 1. Secara kuantitatif hasil validasi bahan ajar adalah sebesar 93% sedangkan hasil uji keterbacaan bahan ajar adalah sebesar 87%. Berdasarkan skor persentase hasil validasi dan uji keterbacaan bahan ajar yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dan sangat layak serta menindaklanjuti penelitian dapat dilakukan dengan mengembangkan lebih lanjut ke tahap disseminate yang digunakan untuk uji efektivitas bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 00:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268348

Actions (login required)

View Item View Item