Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing-blended learning terhadap literasi kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa SMAN 2 Malang / Bilqis Rahma Kinanthi - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing-blended learning terhadap literasi kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa SMAN 2 Malang / Bilqis Rahma Kinanthi

Kinanthi, Bilqis Rahma (2022) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing-blended learning terhadap literasi kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa SMAN 2 Malang / Bilqis Rahma Kinanthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya covid-19 menyebabkan seluruh proses pembelajaran harus diselenggarakan secara online atau dalam jaringan. Kegiatan pembelajaran online selama masa pandemic covid-19 dapat mempengaruhi kemampuan literasi siswa apabila pembelajaran yang dilaksanakan tidak maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendukung literasi kimia siswa ialah model pembelajaran inkuiri terbimbing atau guided inquiry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi kimia siswa SMA pada materi elektrolit dan nonelektrolit di kelas X SMA Negeri 2 Malang. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen semu. Rancangan pada penelitian ini menggunakan Pretest-posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMAN 2 Malang kelas X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan inkuiri terbimbing sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Instrument tes literasi kimia mengadaptasi instrumen yang pernah dikembangkan oleh Zaidah (2020). Kelayakan instrumen divalidasi oleh 1 dosen dan 1 guru. Hasil test literasi kimia digunakan untuk mengetahui kemampuan literasi kimia dan sikap ilmiah siswa. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney melalui SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi kimia yang signifikan 2. efektivitas penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing pada pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit pada kategori sedang dengan nilai Effect size sebesar 0 2227.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268345

Actions (login required)

View Item View Item