Persepsi tpack mahasiswa pendidikan kimia Universitas Negeri Malang Program Kajian Praktik Lapangan (KPL) pada materi laju reaksi / Nanda Trisnawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi tpack mahasiswa pendidikan kimia Universitas Negeri Malang Program Kajian Praktik Lapangan (KPL) pada materi laju reaksi / Nanda Trisnawan

Trisnawan, Nanda (2022) Persepsi tpack mahasiswa pendidikan kimia Universitas Negeri Malang Program Kajian Praktik Lapangan (KPL) pada materi laju reaksi / Nanda Trisnawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi semakin pesat menimbulkan tantangan baru pada berbagai bidang kehidupan. Teknologi yang semakin canggih dapat dimanfaatkan pada proses pembelajaran terutama pada pelajaran kimia. Konsep kimia laju reaksi bersifat abstrak cenderung sulit untuk dipahami siswa. Penyajian materi kimia dengan cara divisualisasikan akan mempermudah pemahaman siswa. Diperlukan pemanfaatan teknologi yang saat ini sedang berkembang. Pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dikenal dengan kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Komponen-komponen TPACK diantaranya Content Knowledge (CK) Pedagogical Knowledge (PK) dan Knowledge Technology (TK) Pedagogical Content Knowledge (PCK) Technology Content Knowledge (TCK) dan Pedagogical Technology Knowledge (TPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi TPACK mahasiswa pendidikan kimia Universitas Negeri Malang program KPL pada materi laju reaksi. Penelitian dimulai pada Bulan November 2021 sampai Bulan Maret 2022. Sampel penelitian adalah 30 mahasiswa pendidikan kimia Universitas Negeri Malang pada program Praktik Kajian Lapangan (KPL). Jenis penelitian ini adalah survey menggunakan pendekatan campuran dengan teknik statistik deskriptif.. Untuk memperdalam data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa persepsi TPACK mahasiswa pendidikan kimia Universitas Negeri Malang program KPL pada materi laju reaksi tergolong dalam kategori cukup baik dengan nilai persentase sebesar 71 7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268344

Actions (login required)

View Item View Item