Analisis profil persepsi tpack (technological pedagogical and content knowledge) guru kimia SMA/MA/sederajat Kota Malang pada materi termokimia / Ayu Laili Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis profil persepsi tpack (technological pedagogical and content knowledge) guru kimia SMA/MA/sederajat Kota Malang pada materi termokimia / Ayu Laili Nur

Nur, Ayu Laili (2022) Analisis profil persepsi tpack (technological pedagogical and content knowledge) guru kimia SMA/MA/sederajat Kota Malang pada materi termokimia / Ayu Laili Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

TPACK adalah pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru di tren pendidikan abad 21. Fakta dilapangan tentang persepsi TPACK guru perlu diteliti untuk mengetahui kualitas professional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi TPACK guru kimia SMA/MA/Sederajat di Kota Malang pada materi Termokimia. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Insidental (Reliance Available Sampling) diperoleh 30 responden yang merupakan guru kimia SMA/MA/Sederajat di Kota Malang. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 7 kategori pertanyaan (TK PK CK PCK TCK TPK dan TPACK) dengan total 54 pertanyaan yang telah diuji validitas menggunakan product moment pearson dan reliabilitasnya menggunakan cronbach rsquo s alpha dengan hasil 0 855.Analisis data profil TPACK dijelaskan sesuai dengan kriteria predikat dengan hasil penelitian persepsi TPACK guru kimia dalam kategori ldquo Baik rdquo . Korelasi antar komponen TPACK di analisis berdasarkan koefisien regresi dan nilai sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan komponen PCK (r 0 824) yang berkorelasi paling kuat dan TK (r -0 088 ) berkorelasi paling rendah terhadap TPACK. Kompetensi TPACK guru kimia berdasarkan usia lama mengajar dapat/tidaknya sertifikasi dan pada penyusunan RPP. Hasil analisis data tidak terdapat pengaruh signifikan kompetensi TPACK guru kimia berdasarkan usia lama mengajar maupun dapat/tidaknya sertifikasi dan terdapat keselarasan antara persepsi TPACK dengan lama mengajar ditinjau dari penyusunan RPP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268333

Actions (login required)

View Item View Item