Hubungan hasil belajar kognitif terhadap argumentasi ilmiah pada penerapan worksheet materi asam basa berbasis inkuiri Socio-Scientific Isuues (SSI) / Arianda Addin Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan hasil belajar kognitif terhadap argumentasi ilmiah pada penerapan worksheet materi asam basa berbasis inkuiri Socio-Scientific Isuues (SSI) / Arianda Addin Safitri

Safitri, Arianda Addin (2022) Hubungan hasil belajar kognitif terhadap argumentasi ilmiah pada penerapan worksheet materi asam basa berbasis inkuiri Socio-Scientific Isuues (SSI) / Arianda Addin Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asam basa merupakan konsep dasar dalam mata pelajaran kimia. Senyawa ini banyak terdapat di lingkungan sekitar dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu siswa harus memahami konsep asam basa dengan baik. Tolak ukur kesulitan siswa dalam memahami materi ini ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar kognitif dan kemampuan argumentasi ilmiah yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah keterbatasan sumber belajar. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian pretest-posttest control group design yang berbasis worksheet inkuiri SSI dan kelas inkuiri dengan tujuan yaitu pertama untuk menguji perbedaan terhadap hasil belajar kognitif pada kedua kelas tersebut. Kedua untuk menguji perbedaan terhadap kemampuan argumentasi ilmiah pada kedua kelas tersebut. Ketiga menganalisis hubungan antara hasil belajar kognitif dan kemampuan argumentasi ilmiah. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan baik hasil belajar kognitif maupun kemampuan argumentasi ilmiah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif pada kelompok pembelajaran worksheet inkuiri SSI lebih baik dengan nilai rata-rata 98 43 dibandingan kelompok pembelajaran inkuiri yang nilainya 83 62. Kemampuan argumentasi ilmiah pada kelompok pembelajaran worksheet inkuiri SSI 95 29% sedangkan kelompok pembelajaran inkuiri 51 90%. Dilakukan pula uji hubungan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment (r) yang hasilnya yaitu terdapat hubungan yang kuat pada kelompok pembelajaran worksheet inkuiri SSI sebesar 0 72 sedangkan pada kelompok pembelajaran inkuiri sebesar 0 62 antara hasil belajar kognitif dan kemampuan argumentasi ilmiah. Maka dapat disimpulkan bahwa worksheet inkuiri SSI materi asam basa memberikan pengaruh yang cukup baik dalam meningkatkan hasil belajar dan melatih argumentasi ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 00:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268332

Actions (login required)

View Item View Item