Penerapan learning cycle 5e dan mind mapping untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi sifat asam basa larutan garam / Mifta Ayudia Ramdhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan learning cycle 5e dan mind mapping untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi sifat asam basa larutan garam / Mifta Ayudia Ramdhani

Ramdhani, Mifta Ayudia (2022) Penerapan learning cycle 5e dan mind mapping untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi sifat asam basa larutan garam / Mifta Ayudia Ramdhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesalahpahaman atau miskonsepsi siswa terhadap suatu teori sering terjadi saat proses pembelajaran berlangsung misalnya pada mata pelajaran kimia yang mencakup banyak teori ilmiah. Hal ini dapat dikarenakan oleh lingkungan belajar siswa yang cenderung pasif dan monoton saat pembelajaran sehingga diperlukan usaha untuk dapat mereduksi miskonsepsi siswa dengan memperbaiki pola kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang memacu siswa berfikir kritis agar dapat meningkatkan pemahaman dan mereduksi miskonsepsi siswa. Model pembelajaran Learning cycle 5E dan mind mapping dapat diterapkan untuk mereduksi miskonsepsi siswa karena bersifat terstuktur dalam kegiatannya interaktif dan mandiri namun terarahkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan reduksi miskonsepsi siswa pada materi sifat asam basa larutan garam setelah diterapkan model learning cycle 5E dan mind mapping (LC 5E-MM). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal four tier test LKPD dan RPP. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 50 siswa di kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMAN 4 Malang semester genap 2021/2022. Metode analisis yang digunakan yakni uji CRI uji statistik normalitas dan homogenitas serta uji n-gain score dengan hasil numerik yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan penerapan model belajar LC 5E-MM. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LC 5E-MM cukup efektif untuk mereduksi miskonsepsi materi sifat asam basa larutan garam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268324

Actions (login required)

View Item View Item