Identifikasi miskonsepsi siswa SMA Kelas X menggunakan four-tier diagnostic test pada materi ikatan kimia / Laras Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi miskonsepsi siswa SMA Kelas X menggunakan four-tier diagnostic test pada materi ikatan kimia / Laras Pratiwi

Pratiwi, Laras (2022) Identifikasi miskonsepsi siswa SMA Kelas X menggunakan four-tier diagnostic test pada materi ikatan kimia / Laras Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan yang dianggap sulit oleh siswa karena bersifat abstrak dan dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu mikroskopik sub-mikroskopik dan simbolik. Konsepnya yang disusun dari konsep sederhana ke konsep yang kompleks menjadikan siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memproses materi kimia sehingga terjadi miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Kaliwungu tahun ajaran 2021/2022 pada materi ikatan kimia. Subjek pada penelitian ini berjumlah 33 siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 5. Instrument penelitian berupa soal tes diagnostic four-tier berjumlah 15 soal dan telah dinyatakan valid oleh validator . Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teridentifikasi miskonsepsi pada 7 sub materi ikatan kimia adalah sebagai berikut sub materi struktur Lewis yaitu sebesar 9 09% sub materi ikatan kovalen 15 15% sub materi ikatan ion 9 09% sub materi kepolaran senyawa 27 27% sub materi bentuk sederhana molekul 6 06% sub materi domain electron 18 18% dan sub materi gaya antar molekul 9 09% dan 15 15%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268321

Actions (login required)

View Item View Item