Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada hasil belajar siswa materi stoikiometri Kelas 10 SMA / Putri Rahma Abadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada hasil belajar siswa materi stoikiometri Kelas 10 SMA / Putri Rahma Abadi

Abadi, Putri Rahma (2022) Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada hasil belajar siswa materi stoikiometri Kelas 10 SMA / Putri Rahma Abadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan seberapa pembelajaran diferensiasi berdampak pada hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian kuasi-eksperimental diadopsi dalam penelitian ini. Selain itu dibentuk dua kelompok yang terdiri dari siswa kelas 10 Mipa di SMAN 1 Turen. Pembelajaran berdiferensiasi digunakan untuk mengajar siswa di kelas eksperimen sedangkan pembelajaran tradisional (ceramah) digunakan untuk mengajar siswa di kelas kontrol. Pada post-test terdapat 25 pertanyaan tentang hasil belajar dengan validasi sebelumnya. Data hasil belajar siswa diperiksa dengan menggunakan Independent Sample t-Test pada SPSS 25 for Windows. (1) Pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. berdasarkan hasil uji analisis statistik uji-t. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 85 40 lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 77 04. (2) Siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan tingkat belajar yang berbeda. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan diperoleh hasil uji-t sebesar 0 00 yang berarti hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima. Kesimpulan Jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (ceramah) pembelajaran diferensiasi berdampak pada hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268320

Actions (login required)

View Item View Item