Implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pelajaran kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas x MIPA SMKN 1 Turen / Syakilla Maharani Augusta - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pelajaran kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas x MIPA SMKN 1 Turen / Syakilla Maharani Augusta

Augusta, Syakilla Maharani (2022) Implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pelajaran kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas x MIPA SMKN 1 Turen / Syakilla Maharani Augusta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengembangan penerapan dan dampak model pembelajaran berdiferensiasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X MIPA SMAN 1 TUREN. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment design desain yang digunakan adalah one-shot case study objek dan subjek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dengan model berdiferensiasi siswa kelas X MIPA 3 dan 5 guru pengampu mata pelajaran kimia kelas X SMAN 1 TUREN. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang didalamnya terdapat media pembelajaran penilaian afektif penilaian kognitif penilaian psikomotorik dan instrumen pengukuran yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara metode observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian langkah-langkah kegiatan pembelajaran berdiferensiasi terdiri dari a) isi (menentukan topik pembelajaran melakukan survey atau tes gaya belajar siswa) b) proses (menggambarkan gaya belajar dan preferensi siswa yang bervariasi dalam proses belajar tergantung pada bagimana siswa belajar) c) produk (menggambarkan pemahaman siswa membedakan sesuai gaya belajar mereka dengan memberikan tantangan variasi dan berbagai pilihan) d) lingkungan belajar (menyediakan ruang belajar yang tenang serta menjadi tempat siswa berkolaborasi). Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar mengalami peningkatan dan siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268317

Actions (login required)

View Item View Item