Pengembangan bahan ajar berbasis process-oriented guided-inquiry learning (pogil) pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia dalam upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis (critical thinking) siswa / Fella Yusmia Nida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis process-oriented guided-inquiry learning (pogil) pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia dalam upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis (critical thinking) siswa / Fella Yusmia Nida

Nida, Fella Yusmia (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis process-oriented guided-inquiry learning (pogil) pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia dalam upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis (critical thinking) siswa / Fella Yusmia Nida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sains abad ke 21 menuntut siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis serta mampu menerapkannya untuk menyelesaikan masalah hidup sehari-hari. Materi pelajaran redoks dan tata nama senyawa kimia terkait erat dengan unsur-unsur keterampilan berpikir kritis sehingga dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) memungkinkan siswa untuk melakukan interpretasi analisis penarikan kesimpulan evaluasi pembuatan kesimpulan dan pengaturan diri yang merupakan unsur-unsur keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar Redoks dan Tata Nama Senyawa Kimia berbasis Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R amp D) yang menerapkan metode ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analysis (analisis) design (desain) development (pengembangan) implementation (pelaksanaan) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini telah menyelesaikan tahap pengembangan. Setelah bahan ajar disusun dan dikembangkan kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan uji validasi dan uji keterbacaan. Validasi dilakukan oleh tiga guru kimia yang telah berpengalaman sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh 10 siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 9 Malang. Data penelitian dikumpulkan dengan angket menggunakan skala Likert disertai dengan komentar dan saran dari validator dan siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa skor rata-rata yang diberikan oleh validator adalah 89% (sangat layak). Sedangkan skor rata-rata uji keterbacaan yang diberikan oleh siswa adalah 82% (sangat layak). Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan dalam pengembangan ini layak dilanjutkan ke tahap implementasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268314

Actions (login required)

View Item View Item