Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi hidrokarbon menggunakan tes diagnostik four-tier multiple choice / Muhammad Nur Rosyid - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi hidrokarbon menggunakan tes diagnostik four-tier multiple choice / Muhammad Nur Rosyid

Rosyid, Muhammad Nur (2022) Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi hidrokarbon menggunakan tes diagnostik four-tier multiple choice / Muhammad Nur Rosyid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidrokarbon merupakan salah satu materi kimia dengan konsep yang bersifat abstrak dan sering dianggap sulit oleh sebagian siswa. Seringkali ditemukan siswa mengalami miskonsepsi dalam memahami materi hidrokarbon. Terjadinya miskonsepsi pada siswa perlu dilakukan identifikasi dengan cepat supaya dapat segera diatasi dan tidak mengganggu siswa dalam memahami konsep selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa dan mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi hidrokarbon menggunakan tes diagnostik four-tier multiple choice. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 82 siswa kelas XI SMAN 1 Gondanglegi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik four-tier multiple choice sebanyak 34 butir soal dan terdiri dari 7 konsep pada materi hidrokarbon. Selanjutnya jawaban dari siswa dianalisis dan diolah untuk mendapatkan skor hasil belajar siswa dan miskonsepsi yang dialami siswa pada materi hidrokarbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas XI MIPA 1 sebesar 45 XI MIPA 2 sebesar 41 dan XI MIPA 3 sebesar 42. Skor yang masih rendah ini diduga karena siswa mengalami kesalahpahaman dalam memahami konsep hidrokarbon. Siswa mengalami miskonsepsi pada materi hidrokarbon sebesar 28% yang masing-masing miskonsepsi teridentifikasi pada konsep senyawa karbon (29%) pada konsep kekhasan atom karbon (25%) pada konsep atom karbon primer sekunder tersier dan kuarterner (31%) pada konsep struktur alkana alkena dan alkuna (27%) pada konsep sifat fisik alkana alkena dan alkuna (27%) pada konsep isomer (32%) dan pada konsep reaksi senyawa hidrokarbon (26%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268313

Actions (login required)

View Item View Item