Analisis persepsi tpack calon guru kimia terhadap kualitas perangkat pembelajaran pada materi termokimia / Eko Trian Pramono Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis persepsi tpack calon guru kimia terhadap kualitas perangkat pembelajaran pada materi termokimia / Eko Trian Pramono Aji

Aji, Eko Trian Pramono (2022) Analisis persepsi tpack calon guru kimia terhadap kualitas perangkat pembelajaran pada materi termokimia / Eko Trian Pramono Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi profil TPACK calon guru kimia pada materi Termokimia yang sudah menempuh Kajian Praktik Lapangan (KPL) dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Insidental (Reliance Available Sampling) diperoleh 35 responden yaitu calon guru kimia yang merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang yang telah menempuh mata kuliah KPL (Kajian dan Praktik Lapangan). Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 53 item pernyataan yang mencakup 7 domain TPACK. Semua item instrumen telah dilakukan uji prasyarat validitas menggunakan korelasi product moment person dengan semua hasil valid dan reliabilitasnya diuji menggunakan cronbach rsquo s alpha dengan hasil 0 937. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan MS. Excel dan IBM SPSS Statistics 26 untuk mencari persepsi profil TPACK calon guru kimia yang ditinjau dari beberapa kelompok yaitu pengalaman mengajar dan IPK. Hasil analisis data persepsi TPACK calon guru kimia dalam kategori ldquo sangat baik rdquo . Korelasi antar komponen TPACK berdasarkan koefisien regresi dan nilai sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan komponen TPK (r 0 777) berkorelasi paling kuat terhadap TPACK. Kemudian hasil analisis persepsi TPACK calon guru ditinjau berdasarkan pengalaman mengajar menunjukkan adanya perbedaan mean yang signifikan dengan calon guru lebih dari 45 hari memiliki mean lebih baik serta nilai IPK menunjukkan tidak adanya signifikasi antara keduanya dengan TPACK. Persepsi TPACK yang didapat di konfirmasi melalui RPP dengan sebagian tercermin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268308

Actions (login required)

View Item View Item