Pengembangan e-modul flip PDF corporate berbasis hypermedia pada materi bentuk molekul Kelas X / Ani Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul flip PDF corporate berbasis hypermedia pada materi bentuk molekul Kelas X / Ani Safitri

Safitri, Ani (2022) Pengembangan e-modul flip PDF corporate berbasis hypermedia pada materi bentuk molekul Kelas X / Ani Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa e-Modul Flip PDF Corporate berbasis hypermedia pada materi bentuk molekul yang valid dan layak digunakan. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian 3D oleh S. Thiagarajan yang terdiri dari 1) Define (Pendefinisian) 2) Design (Perancangan) dan 3) Develop (Pengembangan). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Turen yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara validasi dan angket. Wawancara merupakan analisis awal yang dilakukan terhadap pendidik dan peserta didik untuk mengetahui permasalahan dasar sebagai acuan dalam pengembangan media pembelajaran. Validasi dilakukan oleh seorang dosen dan dua pendidik kimia sebagai ahli materi dan ahli media dengan mengisi lembar validasi yang telah disediakan untuk memvalidasi media pembelajaran yang dihasilkan. Nilai angket validitas dari ahli materi adalah 80 4% termasuk kategori valid dan nilai angket validitas dari ahli media adalah 80 0% termasuk kategori valid. Nilai angket rata-rata pada uji coba keterbacaan oleh peserta didik adalah 92 6% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-Modul Flip PDF Corporate berbasis hypermedia pada materi bentuk molekul ini valid dan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268306

Actions (login required)

View Item View Item