Analisis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi asam-basa pasca pembelajaran lingkar belajar representasi / Allien Kallala Ms. - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi asam-basa pasca pembelajaran lingkar belajar representasi / Allien Kallala Ms.

Kallala, Allien (2022) Analisis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi asam-basa pasca pembelajaran lingkar belajar representasi / Allien Kallala Ms. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan model pembelajaran Lingkar Belajar Representasi terhadap pemahaman konsep kimia representasi kimia dan kompetensi representasi pada materi asam-basa. Model pembelajaran ini merupakan hasil rekonstruksi model pembelajaran Problem-based Science (PBS) yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kompetensi representasi peserta didik dengan melibatkan 6 siklus kegiatan yakni orientasi masalah (orientation) penyampaian pertanyaan (pose question) perencanaan (plan) pelaksanaan (execute) analisis (analize) dan penyampaian temuan (present finding). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain Non-equivalen Control Group Desain. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 8 Malang dengan pemilihan subjek menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas (kontrol dan eksperimen) dengan total subjek sebanyak 64 orang. Pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Lingkar Belajar Representasi sedangkan kelas kontrol digunakan pembelajaran seperti biasa (convenience class). Perbandingan pemahaman peserta didik diukur berdasarkan hasil pretest dan posttest. Instrument pengukuran berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal asam-basa berjumlah 22 soal yang terdiri atas instrumen pemahaman konsep asam-basa (ITPKAB) Instrumen Tes Representasi Asam-basa (ITRAB) dan Instrumen Tes Kompetensi Representasi Asam-Basa (ITKRAB). Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan baik hasil belajar maupun kemampuan representasi yang dimiliki. Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dengan nilai rata-rata 89 91 dibandingkan dengan kelas kontrol 80 63. Selanjutnya data dilakukan uji hipotesis (independent sample t-test) yang menunjukkan nilai 0 00 dan bernilai lebih kecil daripada taraf signifikansi. Maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang dibelajarkan dengan model Lingkar Belajar Representasi memiliki tingkat pemahaman konsep representasi dan kompetensi representasi yang berbeda jika dibandingkan dengan convenience class.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268303

Actions (login required)

View Item View Item