Analisis kesulitan belajar siswa SMA Kelas XI menggunakan four-tier multiple choice diagnostic pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 9 Malang / Putri Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan belajar siswa SMA Kelas XI menggunakan four-tier multiple choice diagnostic pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 9 Malang / Putri Aisyah

Aisyah, Putri (2022) Analisis kesulitan belajar siswa SMA Kelas XI menggunakan four-tier multiple choice diagnostic pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 9 Malang / Putri Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan tingkat kesulitan siswa pada materi kesetimbangan kimia serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 9 Malang yang sudah mempelajari materi kesetimbangan kimia. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa tes diganostik four-tier multiple choice yang terdiri dari 25 butir soal dan wawancara. Tes diagnostik four-tier multiple choice yang digunakan adalah soal tes yang dikembangkan oleh peneliti Dewi (2019) yang termasuk dalam kategori sangat layak. Data yang diperoleh dari tes diagnostik four-tier multiple choice dihitung dengan bantuan Microsoft Excel dan diklasifikasikan berdasarkan kategori siswa yang paham konsep tidak paham konsep miskonsepsi dan error dengan cara identifikasi menggunakan format kombinasi jawaban instrument tes diagnostik four-tier multiple choice sehingga didapatkan persentase tingkat pemahaman dan kesulitan siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat pemahaman siswa termasuk kategori cukup tinggi dengan persentase sebesar 44 47% yakni sama halnya dengan tingkat kesulitan siswa juga termasuk kategori cukup tinggi yaitu sebesar 55 53%. Faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa adalah 1)Faktor internal meliputi kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran kimia perasaan siswa saat mengikuti pelajaran kimia biasa saja dan kurangnya berlatih dalam mengerjakan latihan-latihan soal termasuk materi kesetimbangan kimia. 2)Faktor eksternal meliputi sumber bahan bacaan tambahan yang ada di perpustakaan semenjak pandemi tidak dapat dipinjam papan tulis di kelas silau LCDnya kecil dan warnanya kurang jelas tidak adanya jam belajar yang pasti saat di rumah sering terlibat aktif dalam organisasi masyarakat sehingga susah untuk membagi waktu serta pengaruh teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268300

Actions (login required)

View Item View Item