Pengembangan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis process-oriented guided inquiry learning untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik kelas XII / Nilna Muna Zahiro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis process-oriented guided inquiry learning untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik kelas XII / Nilna Muna Zahiro

Zahiro, Nilna Muna (2022) Pengembangan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis process-oriented guided inquiry learning untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik kelas XII / Nilna Muna Zahiro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan salah satu keterampilan proses sains yang sangat penting bagi peserta didik. Keterampilan argumentasi ilmiah dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan karakter ilmiah peserta didik. Namun demikian praktik argumentasi ilmiah jarang dilakukan di dalam kelas. Hal tersebut menyebabkan kemampuan argumentasi peserta didik rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik adalah Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Pada materi sifat koligatif larutan terdapat fenomena alam yang bisa diamati pengetahuan konseptual keterampilan kognitif dan keterampilan psikomotorik yang berguna dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menganalisis validitas bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis POGIL untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian dan pengembangan (Research and Development) model 4D yang terdiri atas empat tahap yakni define (mendefinisikan) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (mendesiminasikan). Penelitian ini hanya sampai tahap develop. Uji validasi dilangsungkan oleh empat orang ahli sedangkan uji keterbacaan dilangsungkan oleh lima belas peserta didik kelas XII yang telah menempuh materi pelajaran sifat koligatif larutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata validitas bahan ajar yang diberikan oleh validator adalah 82 23% dengan kriteria layak sedangkan skor rata-rata uji keterbacaan yang diberikan oleh responden adalah 88 24% dengan kriteria sangat layak. Implikasi dari hasil analisis ini adalah bahwa penelitian ini perlu dilanjutkan ke langkah berikutnya yaitu uji coba bahan ajar dalam pembelajaran nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 02:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268294

Actions (login required)

View Item View Item