Analisis kesulitan belajar siswa kelas xi SMAN 5 Kota Malang pada materi larutan penyangga menggunakan tes diagnostik four-tier / Nurhanisah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan belajar siswa kelas xi SMAN 5 Kota Malang pada materi larutan penyangga menggunakan tes diagnostik four-tier / Nurhanisah

Nurhanisah (2022) Analisis kesulitan belajar siswa kelas xi SMAN 5 Kota Malang pada materi larutan penyangga menggunakan tes diagnostik four-tier / Nurhanisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi larutan penyangga terdiri dari konsep yang abstrak dan kompleks konsep yang abstrak dan kompleks dalam larutan penyangga dapat menyebabkan kesulitan belajar siswa. Materi larutan penyangga menggunakan tiga level representasi dalam memahaminya yaitu level makroskopik mikroskopik dan simbolik. Ketidakmampuan siswa dalam mengaitkan tiga level respresentasi tersebut menyebabkan terjadinya kesulitan belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI SMAN 5 Kota Malang. Subjek penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas XI MIPA 6. Instrumen yang digunakan tes diagnostik four-tier sebanyak 14 soal dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukan terdapat kesulitan belajar pada masing-masing indikator meliputi 1) indikator prinsip kerja larutan penyangga sebesar 70 70% 2) Menghitung pH larutan penyangga asam 44 48% 3) Menghitung pH larutan penyangga basa sebesar 58 62% 4) Menghitung pH larutan penyangga setelah ditambahkan sedikit asam sedikit basa dan diencerkan sebesar 87 93% 5) Menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh manusia sebesar 60 40%. 6) Merancang percobaan untuk membuat larutan penyangga dengan pH tertentu sebesar 56 85% 7) Membuat larutan penyangga dengan pH tertentu sebesar 65 52%. Berdasarkan hasil angket faktor penyebab larutan penyangga yaitu minat dan motivasi belajar siswa rendah pemahaman konsep dasar siswa sangat rendah dan metode belajar yang digunkan guru menyebabkan kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268293

Actions (login required)

View Item View Item