Pengembangan dan implementasi media pembelajaran card game berbasis augmented reality dan berwawasan environmental literacy dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang senyawa karbon - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan dan implementasi media pembelajaran card game berbasis augmented reality dan berwawasan environmental literacy dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang senyawa karbon

Ardyansyah, Ananta (2022) Pengembangan dan implementasi media pembelajaran card game berbasis augmented reality dan berwawasan environmental literacy dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang senyawa karbon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Integrasi pengetahuan tentang lingkungan dalam pembelajaran di sekolah yang kurang menjadi salah satu penyebab rendahnya kepedulian masyarakat pada lingkungan. Materi senyawa karbon cocok digunakan sebagai jembatan untuk pendidikan lingkungan pada siswa dan memperkuat integrasi pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun materi ini masih dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Oleh karena itu media berupa kartu permainan dengan sistem kartu kuartet dikembangkan ChemiCa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran senyawa karbon yang berbasis augmented reality serta berwawasan environmental literacy dan mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan media persepsi siswa pada media serta wawasan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R amp D) dengan mengikuti model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analysis (analisis) design (rancangan) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Desain penelitian one group pre-test post-test digunakan untuk mengetahui keberhasilan media. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda angket dan wawancara yang dikembangkan mandiri dan diuji validitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan analisis konten. Hasil Pengembangan media pembelajaran mendapatkan kriteria sangat layak dengan skor validasi mencapai 88 1%. Hasil implementasi produk akhir ChemiCa menunjukkan terdapat dampak penggunaan media terhadap hasil belajar siswa (Sig. 0.000 lt 0 05). Siswa merasa senang dengan media sehingga mengalami peningkatan motivasi belajar. Persepsi siswa pada media sangat baik media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar mereka. Oleh karena itu hasil belajar siswa dalam materi senyawa karbon meningkat dan wawasan siswa akan lingkungan bertambah sehingga kepedulian untuk menjaga lingkungan siswa juga meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 07:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268291

Actions (login required)

View Item View Item