Pengembangan bahan ajar kimia unsur berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berorientasi keterampilan berpikir kritis / Murniati Lawah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia unsur berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berorientasi keterampilan berpikir kritis / Murniati Lawah

Lawah, Murniati (2022) Pengembangan bahan ajar kimia unsur berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berorientasi keterampilan berpikir kritis / Murniati Lawah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar kimia unsur berbasis POGIL dengan learning outcome keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerpakan model 4D yang mencakup 4 tahap pengembangan yaitu define (mendefinisikan) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (mendiseminasikan). Saat ini penelitian yang dilakukan sampai di tahap mengembangkan. Validasi ahli melibatkan 3 guru kimia SMA sedangkan uji keterbacaan melibatkan 10 siswa kelas XII MIPA yang telah mendapatkan materi pelajaran Kimia Unsur. Berdasarkan hasil penilaian angket oleh validator diperoleh rata-rata angka persentase 84 89% dengan katergori sangat layak. Hasil penilaian angket uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukkan rata-rata angka persentase 88 80% dengan katergori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan ini layak dilanjutkan ke uji lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268289

Actions (login required)

View Item View Item