Pengembangan bahan ajar struktur atom & tabel periodik berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA / Bella Sagita Firnanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar struktur atom & tabel periodik berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA / Bella Sagita Firnanda

Firnanda, Bella Sagita (2022) Pengembangan bahan ajar struktur atom & tabel periodik berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA / Bella Sagita Firnanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar struktur atom dan tabel periodik unsur-unsur berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian dan pengembangan (Research and Development) model 4D yang meliputi 4 tahap yaitu define (mendefinisikan) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (mendiseminasikan). Saat ini penelitian ini sampai di tahap mengembangkan dikarenakan untuk menyelesaikan hingga tahap disseminate masih diperlukan beberapa tindakan dan pengujian terhadap bahan ajar yang dikembangkan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bahan ajar siap untuk digunakan dan disebarluaskan. Validasi ahli melibatkan 3 guru kimia SMA sedangkan uji keterbacaan melibatkan 24 siswa kelas X MIPA SMAN 1 Turen yang telah mendapatkan materi pelajaran struktur atom dan tabel periodik unsur-unsur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata tampilan dan kelengkapan bahan ajar adalah 90 38% (sangat layak) kesesuaian materi bahan ajar dengan KI dan KD adalah 86 46% (sangat layak) relevansi sintaks dan aktivitas belajar siswa dengan POGIL dan keterampilan berpikir kritis adalah 95 83% (sangat layak) dan kebahasaan adalah 91 67% (sangat layak). Sedangkan skor rata-rata uji keterbacaan yang diberikan oleh responden adalah 88 42% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan layak dilanjutkan ke uji lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:29
Last Modified: 05 Apr 2023 04:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268283

Actions (login required)

View Item View Item