Pengembangan bahan ajar redoks dan elektrokimia berbasis process oriented guided inquiry learning berorientasi keterampilan proses sains / Deva Etna Meliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar redoks dan elektrokimia berbasis process oriented guided inquiry learning berorientasi keterampilan proses sains / Deva Etna Meliana

Meliana, Deva Etna (2022) Pengembangan bahan ajar redoks dan elektrokimia berbasis process oriented guided inquiry learning berorientasi keterampilan proses sains / Deva Etna Meliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang penting dalam membekali siswa untuk menjawab tantangan abad ke-21 dan perlu dilatihkan dalam pembelajaran. Salah satu komponen pembelajaran yang digunakan untuk mencapai learning outcome adalah bahan ajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar redoks dan elektrokimia berbasis POGIL berorientasi keterampilan proses sains. Penelitian ini menerapkan desain penelitian dan pengembangan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu define design develop dan disseminate. Saat ini penelitian ini telah menyelesaikan tahap pengembangan. Validasi bahan ajar melibatkan 3 ahli sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh 10 siswa kelas 12. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor kelayakan bahan ajar yang diberikan oleh validator adalah 86 53% dalam kategori sangat layak dan skor rata-rata keterbacaan yang diberikan oleh responden adalah 89 58% juga dalam kategori sangat layak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar redoks dan elektrokimia berbasis POGIL hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan ke tahap uji lapangan untuk menunjang pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268281

Actions (login required)

View Item View Item