Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA/MA / Inggrid Ayuning Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA/MA / Inggrid Ayuning Anwar

Anwar, Inggrid Ayuning (2022) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA/MA / Inggrid Ayuning Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterbatasan sarana dan prasarana laboratorium yang tersedia di sekolah menyebabkan siswa kesulitan dalam mempelajari materi kimia yang menyebabkan siswa tidak mendapatkan pengalaman eksperimen yang baik dan juga data yang akurat. Salah satu cara mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan menggunakan bahan ajar berbasis android. Sejalan dengan terus berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pembelajaran saat ini mulai dilengkapi dengan bahan ajar berupa animasi baik 2D ataupun 3D animasi praktikum dan video pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya inovasi bahan ajar dalam pembelajaran kimia khususnya materi hidrokarbon yang digunakan bukan hanya tampilan yang dijadikan lebih menarik tapi juga disesuaikan dengan kebutuhan dan mengikuti perkembangan IPTEK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar HK berbasis android pada materi hidrokarbon untuk kelas XI SMA/MA dan mengetahui kelayakannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE (analyze design development implementation evaluation). Namun pengembangan yang dilakukan oleh peneliti hanya sampai pada tahap development. Bahan ajar yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta diuji keterbacaan oleh 25 siswa. Pada penelitian ini diperoleh produk berupa bahan ajar HK berbasis android pada materi Hidrokarbon untuk Kelas XI SMA/MA yang berisi kompetensi dasar indikator pencapaian kompetensi materi Hidrokarbon yang dilengkapi dengan video animasi praktikum. Bahan ajar HK berbasis android ini juga dilengkapi dengan contoh dan latihan soal yang dapat membantu siswa untuk mendalami materi khususnya materi hidrokarbon. Berdasarkan hasil validasi ahli materi di dapatkan data kuantitatif untuk setiap aspek penilaian dengan skor rata-rata 97.5% dengan kriteria rdquo sangat layak rdquo . Berdasarkan hasil validasi ahli media didapatkan data kuantitatif untuk setiap aspek penilaian dengan skor rata-rata 95% dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo . Dari hasil uji keterbacaan siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 86.1% dengan kesimpulan media layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268278

Actions (login required)

View Item View Item