Pengembangan feedback formatif materi suhu dan kalor berbasis moodle untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa SMA / Rika Andini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan feedback formatif materi suhu dan kalor berbasis moodle untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa SMA / Rika Andini

Andini, Rika (2022) Pengembangan feedback formatif materi suhu dan kalor berbasis moodle untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa SMA / Rika Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suhu dan kalor merupakan salah satu topik dalam fisika yang sulit dipelajari siswa karena abstrak dan kompleks. Salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam topik suhu dan kalor adalah dengan memanfaatkan feedback formatif. Beberapa produk feedback formatif telah dikembangkan namun terdapat kekurangan yaitu guru tidak dapat memantau aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk feedback formatif materi suhu dan kalor berbasis Moodle untuk membantu siswa mengatasi kesulitan pada materi suhu dan kalor. Produk dikembangkan dengan metode ADDIE dengan melibatkan 3 validator dan 26 siswa. Dari penelitian ini dikembangkan produk feedback formatif berbasis Moodle yang dinyatakan valid yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun serta dapat dipantau oleh guru. Respon siswa menunjukkan persentase rata-rata kepraktisan produk feedback formatif adalah 85%. Produk feedback formatif berbasis Moodle yang dikembangkan dapat menjadi alternatif untuk membantu kesulitan siswa SMA dalam topik suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268271

Actions (login required)

View Item View Item