Analisis pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran quantum teaching disertai asesmen autentik / Farrah Ramadhany - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran quantum teaching disertai asesmen autentik / Farrah Ramadhany

Ramadhany, Farrah (2022) Analisis pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran quantum teaching disertai asesmen autentik / Farrah Ramadhany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran quantum teaching yang disertai dengan asesmen autentik pada materi gerak melingkar beraturan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan adaptasi desain rancangan embeded experiment design. Penelitian ini melibatkan 20 peserta didik yang diposisikan sebagai subjek penelitian yang diambil dengan teknik random sampling test. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest-posttest pemahaman konsep yang berbentuk pilihan ganda beralasan. Berdasarkan hasil analisis data uji validasi termasuk dalam kategori valid. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari jawaban soal pilihan ganda pemahaman konsep sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara terkait pembelajaran serta alasan jawaban soal pilihan ganda. Keefektifan pembelajaran quantum teaching diketahui melalui uji cohen rsquo s d-effect size diperoleh hasil 2.50 yang termasuk dalam kriteria sangat besar sedangkan besar pengaruh pembelajaran quantum teaching diketahui melalui uji N-gain diperoleh hasil 0.5122 yang termasuk dalam kriteria medium atas. Berdasarkan hasil alasan jawaban peserta didik diketahui bahwa pembelajaran quantum teaching disertai asesmen autentik dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran quantum teaching efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268263

Actions (login required)

View Item View Item