Pengembangan media interaktif berbasis pbl untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa sma materi momentum dan impuls / Annisa Fajrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif berbasis pbl untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa sma materi momentum dan impuls / Annisa Fajrina

Fajrina, Annisa (2022) Pengembangan media interaktif berbasis pbl untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa sma materi momentum dan impuls / Annisa Fajrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di antara kompetensi yang perlu dikuasai siswa agar bisa bersaing di abad 21 ini keterampilan pemecahan masalah termasuk ke dalamnya. Keterampilan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Oleh sebab itu media interaktif yang valid praktis dan efektif dengan model PBL yang dilengkapi dengan contoh soal beserta balikan dan virtual lab dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengikuti design 4D dengan tahap define design develop dan disseminate. Penelitian ini dilakukan pada tiga puluh siswa SMAN Kota Malang. Hasil uji validitas media interaktif oleh validator memperoleh penilaian dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan memperoleh penilaian dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji paired sample T-test menunjukkan pada hasil pre-test dan post-test terdapat perbedaan. Uji N-gain memperoleh hasil dengan kriteria sedang sehingga dapat dikatakan terdapat peningkatan setelah menggunakan media interaktif. Hasil uji effect size memperoleh hasil dengan kriteria kuat sehingga dapat simpulkan bahwa media interaktif berbasis PBL efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 23 Apr 2024 03:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268262

Actions (login required)

View Item View Item