Ekspresi gen Wnt5a pada tunas kaki embrio ayam yang diinduksi ciprofloxacin / Silmy Aulia Rufiatin Nisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Ekspresi gen Wnt5a pada tunas kaki embrio ayam yang diinduksi ciprofloxacin / Silmy Aulia Rufiatin Nisa'

Nisa', Silmy Aulia Rufiatin (2017) Ekspresi gen Wnt5a pada tunas kaki embrio ayam yang diinduksi ciprofloxacin / Silmy Aulia Rufiatin Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Silmy Aulia Rufiatin. 2017. Ekspresi Gen Wnt5a pada Tunas Kaki Embrio Ayam yang Diinduksi Ciprofloxacin. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Dwi Listyorini M.Si. D.Sc (II) Dra. Nursasi Handayani M.Si Kata Kunci Wnt5a tunas kaki embrio ayam Ciprofloxacin Ciprofloxacin merupakan antibiotik florokuinolon yang umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan harus dikonsumsi dengan pengawasan dokter namun ditemukan dijual bebas di masyarakat. Hasil studi sebelumnya menunjukkan bahwa Ciprofloxacin dapat menyebabkan efek kondrotoksik menghambat proliferasi kondrosit dan kegagalan pembentukan tulang. Pembentukan tulang meliputi berbagai proses salah satunya kondrogenesis dengan gen Wnt5a sebagai regulator penting. Gen Wnt5a berperan meregulasi proliferasi kondrosit meningkatkan jumlah kondrosit prehipertrofik dan menghambat maturasi kondrosit prehipertrofik menjadi kondrosit hipertrofik. Di dalam tubuh Ciprofloxacin mengalami metabolisme menjadi senyawa radikal bebas yang menginduksi produksi senyawa lain yang akan mengoksidasi lipid dan DNA. Kerusakan DNA dapat mengganggu ekspresi gen yang terlibat dalam perkembangan tulang sehingga menyebabkan kecacatan tunas kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ciprofloxacin terhadap ekspresi gen Wnt5a pada tunas kaki embrio ayam. Embrio ayam diberi perlakuan Ciprofloxacin dengan dosis 10 mg/kgBB selama 5 hari berturut-turut mulai umur 3 hari hingga 7 hari inkubasi. Untuk mengetahui ekspresi gen Wnt5a dilakukan isolasi RNA total dari tunas kaki embrio ayam umur 8 hari inkubasi dilanjutkan dengan sintesis cDNA gen Wnt5a dan qPCR. Hasil analisis menggunakan software REST 2009 menunjukkan bahwa ekspresi gen Wnt5a pada kelompok perlakuan lebih rendah dibandingkan pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pemberian Ciprofloxacin dapat menurunkan ekspresi gen Wnt5a pada tunas kaki embrio ayam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26826

Actions (login required)

View Item View Item