Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soal hots menggunakan articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi induksi elektromagnetik / Salindri Sukamto Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soal hots menggunakan articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi induksi elektromagnetik / Salindri Sukamto Putri

Putri, Salindri Sukamto Putri (2022) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soal hots menggunakan articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi induksi elektromagnetik / Salindri Sukamto Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada pembelajaran abad 21 salah satu kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berpikir kritis akan tetapi masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam berpikir kritis. Berdasarkan penelitian sebelumnya didapatkan hasil bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun dalam penelitian yang lalu belum dikembangkan media pembelajaran dengan sintaks inkuiri terbimbing yang praktis dan mudah digunakan oleh siswa. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Articulate Storyline yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk melatih siswa dalam berpikir kritis. Sebagai upaya melatih kemampuan berpikir kritis siswa media pembelajaran ini juga dilengkapi soal latihan HOTS. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain 4D yaitu define design develop dan disseminate. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas kepraktisan keefektifan media dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Tahapan penelitian yang dilaksanakan hanya sampai pada tahap develop tahap disseminate tidak dilaksanakan. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media dan perangkat pembelajaran dinyatakan valid. Pada uji empiris soal terdapat 10 soal memenuhi kevalidan tingkat kesukaran daya beda serta reliabel. Hasil uji kepraktisan proses pembelajaran didapatkan bahwa proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan RPP dan tidak banyak kendala. Uji efektivitas media pembelajaran menunjukkan hasil efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268254

Actions (login required)

View Item View Item