Pengembangan e-module berbasis pjbl-stem dengan asesmen formatif sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi alat-alat optik kelas xi sma/ma / Dinda Sribuana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis pjbl-stem dengan asesmen formatif sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi alat-alat optik kelas xi sma/ma / Dinda Sribuana

Sribuana, Dinda Sribuana (2022) Pengembangan e-module berbasis pjbl-stem dengan asesmen formatif sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi alat-alat optik kelas xi sma/ma / Dinda Sribuana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-Module fisika berbasis PjBLSTEM yang disertai dengan asesmen formatif sebagai peluang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi alat-alat optik beserta tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut bagi siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reasearch and Development (RnD) dengan menggunakan metode 4D yang memiliki 4 tahapan yakni define design development dan disseminate. Tetapi penelitian ini dibatasi hanya dilakukan hingga tahap development. Subjek penelitian ini adalah 46 siswa kelas 12 MIPA MA Maslakul Huda. Instrumen yang digunakan berupa lembar uji validasi dan angket keprakrisan produk. Data hasil penelitian diolah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan e-Module berbasisis PjBL-STEM dilengkapi dengan tes formatif yang disesuaikan dengan aspek berpikir kritis. Berdasarkan hasil validasi media diperoleh nilai persentase rata-rata 92% sehingga masuk dalam kategori sangat valid. Uji validasi materi dan juga RPP menunjukkan hasil persentase rata-rata yang sama sebesar 95% dan tergolong dalam kategori sangat valid. Pada validasi soal persentase rata-rata yang dihasilkan sebesar 99% sehingga soal yang dikembangkan juga masuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan skor persentase sebesar 91%. Maka e-Module masuk dalam kategori sangat praktis. Dari hasil tersebut E-Module yang telah dikembangkan sudah layak untuk di uji efektivitasnya lebih lanjut. E-Module yang dikembangkan tersedia dalam online sehingga masih tergantung dengan kondisi jaringan. Sehingga masih dapat dikembangkan lagi dengan e-modul yang dapat diakses secara offline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 07:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268253

Actions (login required)

View Item View Item