Pengembangan video animasi powtoon berbasis gil-steam pada materi gerak parabola sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan multiple representation / Kalista Apresiafirsa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video animasi powtoon berbasis gil-steam pada materi gerak parabola sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan multiple representation / Kalista Apresiafirsa

Apresiafirsa, Kalista (2022) Pengembangan video animasi powtoon berbasis gil-steam pada materi gerak parabola sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan multiple representation / Kalista Apresiafirsa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melakukan uji validitas produk berupa video animasi powtoon berbasis GIL-STEAM pada materi gerak parabola sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan multiple representation. Kebaruan penelitian ini yaitu digunakannya video animasi powtoon berbasis GIL-STEAM pada materi gerak parabola sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan multiple representation peserta didik. Peneliti mengembangkan video animasi pada materi gerak parabola didasarkan oleh hasil observasi dan analisis kebutuhan peserta didik. Kelebihannya yakni 1) menyajikan representasi dalam bentuk verbal grafik dan gambar 2) menyajikan pembelajaran dengan langkah-langkah GIL-STEAM 3) menyediakan tes dan feedback formatif 4) menyajikan gambar dan animasi yang sesuai dengan materi yang disajikan. Berdasarkan hasil observasi dan studi literatur kemampuan multiple representation merupakan kemampuan yang penting untuk menyelesaikan permasalahan fisika serta dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu berdasarkan penelitian terdahulu kemampuan multiple representation peserta didik masih rendah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Four-D (Define Design Develop dan Disseminate) yang dilakukan hanya sampai tahap develop. Berdasarkan uji validitas yang diperoleh dari 2 validator ahli media yang merupakan dosen Fisika Universitas Negeri Malang dan guru Fisika SMA Nasional Malang diperoleh rerata skor penilaian uji validitas media yaitu 94 2% dan validitas materi yaitu 92 7% yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berada pada tingkat yang sangat valid. Kemudian berdasarkan uji keterbacaan yang diperoleh dari penyebaran angket pada 32 peserta didik kelas XI SMA Nasional Malang diperoleh rerata persentase 87 4% dengan kriteria sangat terbaca. Terdapat kekurangan pada penelitian ini seperti durasi video yang panjang. Maka untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk meningkatkan kualitas isi video dengan durasi yang lebih singkat sehingga peserta didik dapat mempelajari konsep fisika dengan lebih baik dan tidak mudah bosan. Selain itu direkomendasikan agar produk pengembangan ini ditindaklanjuti dengan praktik implementasi ke dalam pembelajaran di kelas agar dapat memastikan dampak penerapan produk terhadap peningkatan kemampuan multiple representation peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268252

Actions (login required)

View Item View Item