Pengembangan e-ukbm berbasis pjbl-stem terintegrasi tpack untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma pada gerak harmonis sederhana / Tan Zhauna Hafis Haritzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-ukbm berbasis pjbl-stem terintegrasi tpack untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma pada gerak harmonis sederhana / Tan Zhauna Hafis Haritzah

Haritzah, Tan Zhauna Hafis (2022) Pengembangan e-ukbm berbasis pjbl-stem terintegrasi tpack untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma pada gerak harmonis sederhana / Tan Zhauna Hafis Haritzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensi abad 21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi namun di Indonesia kemampuan berpikir tingkat tinggi masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat ditingkatkan melalui inovasi bahan ajar pembelajaran dengan mengembangkan UKBM. UKBM fisika yang selama ini digunakan belum semuanya mengintegrasikan teknologi sesuai dengan kerangka TPACK secara maksimal belum memuat aspek kompetensi abad 21 secara lengkap dan belum mencakup permasalahan fisika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-UKBM berbasis PjBL-STEM terintegrasi TPACK yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi gerak harmonis sederhana. Penelitian ini mengadaptasi Desain ADDIE dengan tahap analysis design development implementation evaluation. Instrumen pengumpulan data dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) angket validasi produk untuk mengetahui kevalidan produk (2) angket uji keterbacaan E-UKBM untuk mengetahu keterbacaan produk sebelum diujicobakan (3) Lembar obervasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui kepraktisan produk (4) soal kemampuan berpikir tingkat tinggi materi gerak harmonis sederhana untuk mengetahui keefektifan produk yang diperoleh dari pretest-posttest ditinjau dari hasil uji beda N-Gain dan effect size. E-UKBM diuji cobakan pada 35 siswa kelas X di salah satu kota SMAN di Kota Malang dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan validitas E-UKBM diperoleh 90% dengan kategori sangat valid keterbacaan E-UKBM diperoleh 86 5 % dengan kateogri sangat baik kepraktisan E-UKBM dalam pembelajaran 85 2 % terlaksana sesuai dengan RPP dan mendapatkan respon positif dari siswa dan keefektifan E-UKBM berkategori efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan N-Gain sebesar 0 58 serta effect size sebesar 3 029. Hasil penelitian menunjukkan E-UKBM berbasis PjBL-STEM terintegrasi TPACK yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi gerak harmonis sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268247

Actions (login required)

View Item View Item