Penerapan model mind mapping berbantuan xmind berbasis pendekatan stem terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hukum newton / KHARISMA ALIFIA ISNAINI - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model mind mapping berbantuan xmind berbasis pendekatan stem terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hukum newton / KHARISMA ALIFIA ISNAINI

Isnaini, Kharisma Alifia (2022) Penerapan model mind mapping berbantuan xmind berbasis pendekatan stem terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hukum newton / KHARISMA ALIFIA ISNAINI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model mind mapping berbantuan xmind berbasis dengan pendekatan STEM terhadap pemahaman konsep yang dimiliki siswa SMA pada materi Hukum Newton. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 115 Jakarta dengan jumlah sampel 61 siswa pada kelas X MIPA. Jenis penelitian ini adalah experiment quasy dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Instrumen pemahaman konsep diukur dengan 14 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif uji T N-Gain Score N-Gain Persen dan d-Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu sebesar 54 55. Hasil uji T diperoleh hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0 000 hasil uji N-Gain Score diperoleh sebesar 0 69 untuk kelas eksperimen dan 0 47 untuk kelas kontrol N-Gain Persen diperoleh sebesar 69 0494 untuk kelas eksperimen dan 47 4565 untuk kelas kontrol dan hasil uji d-effect size sebesar 3 3. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping berbantuan Xmind berbasis pendekatan STEM berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas X MIPA pada materi Hukum Newton. Secara keseluruhan siswa mengalami peningkatan nilai posttest sebanyak 26 siswa dari jumlah sampel 29 siswa kelas eksperimen. Hal ini dikarenakan masih terdapat 3 siswa yang mengalami penurunan nilai posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268244

Actions (login required)

View Item View Item