Analisis tingkat literasi digital mahasiswa calon guru fisika / Yuyun Iqmatul Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat literasi digital mahasiswa calon guru fisika / Yuyun Iqmatul Amalia

Amalia, Yuyun Iqmatul (2022) Analisis tingkat literasi digital mahasiswa calon guru fisika / Yuyun Iqmatul Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bersifat kuantitatif dengan tujuan mendapatkan gambaran tingkat literasi digital mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner DigCompEdu. Sejauh ini penelitian mengenai kompetensi literasi digital calon guru menggunakan kerangka kerja DigCompEdu di Indonesia masih jarang ditemukan khususnya untuk calon guru fisika. Adapun responden dalam penelitian ini adalah 72 mahasiswa pendidikan fisika tahun masuk 2018 dan 2019 yang dipilih menggunakan purposive random sampling. Data yang diperoleh lalu dianalisis secara deskriptif dan uji Independent Sample t-Test. Hasil temuan penelitian menunjukkan secara umum mahasiswa calon guru fisika memiliki tingkat kompetensi digital sedang. Mayoritas berada pada kategori intermediate yakni pada level integrator (B1) dan expert (B2). Gender tidak mempengaruhi tinggi rendahnya literasi digital. Meskipun rata-rata total skor di seluruh area dari responden laki-laki lebih rendah dari sampel perempuan namun selisih ini tidak menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Penelitian ini juga merekomendasikan upaya peningkatan kompetensi digital perlu dilaksanakan oleh pemangku kebijakan di Universitas demi menghasilkan lulusan calon guru yang kompeten sehingga berdampak pada kemajuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 02:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268243

Actions (login required)

View Item View Item