Pengembangan modul menggunakan model discovery learning berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA materi momentum dan impuls / Jihan Zahidah Hasna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul menggunakan model discovery learning berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA materi momentum dan impuls / Jihan Zahidah Hasna

Hasna, Jihan Zahidah (2022) Pengembangan modul menggunakan model discovery learning berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA materi momentum dan impuls / Jihan Zahidah Hasna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan dan mengetahui kevalidan kepraktisan serta keefektifan modul menggunakan model discovery learning berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian ini Research and Development (RnD) dengan desain penelitian ADDIE (Analyze design develop implement evaluate). Keterbaruan modul ini ada pada penggabungan model pembelajaran discovery dengan flipped classroom sehingga produk ini dapat mengatasi kurangnya waktu pembelajaran di sekolah selain itu produk ini disusun agar siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir serta belajar mandiri. Kegiatan validasi produk dilakukan oleh 3 ahli terhadap perangkat modul RPP dan soal pre test post test. Hasil uji kevalidan memiliki tingkat kevalidan dengan kategori sangat valid. Uji keterbacaan dilakukan menghasilkan kategori sangat baik. Uji kepraktisan didapatkan melalui observasi mendapatkan hasil sangat praktis dengan beberapa kendala dan saran perbaikan. Hasil uji efektifitas N-gain yang terinterpretasi sedang hasil n-gain mengatakan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa cukup efektif. Hasil perhitungan uji T untuk nilai pre test pada penelitian terdapat perbedaan atau pengaruh yang signifikan terhadap pemberian modul. Oleh karena itu modul menggunakan model discovery berbasis flipped classroom materi momentum dan impuls layak digunakan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268241

Actions (login required)

View Item View Item