Analisis technological pedagogical content knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru fisika peserta KPL edisi covid-19 dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada materi fluida statis / Silvi Ayu Dewi Masitho - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis technological pedagogical content knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru fisika peserta KPL edisi covid-19 dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada materi fluida statis / Silvi Ayu Dewi Masitho

Mashito, Silvi Ayu Dewi (2022) Analisis technological pedagogical content knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru fisika peserta KPL edisi covid-19 dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada materi fluida statis / Silvi Ayu Dewi Masitho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah sistem pembelajaran tatap muka di kelas menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring mengharuskan semua elemen pendidikan mampu beradaptasi dengan teknologi terkhusus bagi guru. Guru harus mampu untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Seorang guru memerlukan kerangka kerja Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) agar mampu mengintegrasikan TIK dalam mengajar. Mahasiswa sebagai calon guru diharapkan memiliki kemampuan TPACK. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan TPACK mahasiswa calon guru fisika peserta KPL tahun ajaran 2021/2022 di masa pandemi Covid-19 dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik triangulasi dipilih untuk proses pengumpulan data. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan mahasiswa fisika peserta KPL yang mengajar materi fluida statis secara daring serta bersedia memberikan data penelitian yang dibutuhkan. Data penelitian diperoleh daripengisian kuesioner penilaian produk perangkat pembelajaran penilaian produk video pembelajaran dan wawancara. Hasil dari penelitian inidapat menunjukkan bahwa kemampuan TPACK mahasiswa calon guru fisika peserta KPL dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada materi fluida statis memiliki persentase sebesar 77% yang tergolong baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268240

Actions (login required)

View Item View Item