Febriana, Amalia Eka (2022) Pengembangan produk e-modul berbasis pbl-stem dilengkapi dengan media simulasi visual pada materi fluida statis sebagai peluang untuk meningkatkan berpikir kritis siswa / Amalia Eka Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fluida statis berkaitan dengan fenomena kehidupan sehari-hari tetapi siswa sering mengalami kesulitan dalam meningkatkan sikap berpikir kritisnya. Sementara itu penggunaan e-modul berbasis PBL-STEM dilengkapi Media Simulasi Visual masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis PBL-STEM dilengkapi Media Simulasi Visual sebagai peluang untuk mengatasi rendahnya berpikir kritis siswa pada materi fluida statis. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Data yang dikumpulkan dari wawancara oleh guru intrumen validasi silabus RPP media materi dan angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan data kuantitatif dan data kualitatif. Kevalidan silabus RPP media dan materi dilakukan oleh dosen ahli fisika dan 2 guru fisika. Dan uji kepraktisan dilakukan oleh 32 siswa SMAN 1 Bululawang yang sudah menempuh materi fluida statis. Hasil dari validitas silabus didapatkan 86 5% dengan kategori sangat valid untuk validitas RPP didapatkan 95 6% dengan kategori sangat valid selain itu uji validitas media e-modul mendapatkan 91 0% dengan kategori sangat valid untuk validitas materi mendapatkan 89 1% dengan kategori sangat valid. Dan hasil kepraktisan siswa didapatkan 82 4% dengan kategori sangat praktis. Dengan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa pengembangan media e-modul berbasis pbl-stem dilengkapi dengan media simulasi visual pada materi fluida statis sebagai peluang untuk meningkatkan berpikir kritis siswa sangat valid. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah dapat ditambahkan praktikum virtual seperti Phet di dalam e-modul serta penelitian ini dapat dilanjutkan dengan mengaplikasikan produk di dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga dapat diketahui keefektivitasan dari produk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 03:41 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268237 |
Actions (login required)
View Item |