Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pbl-stem dan berbantuan media simulasi virtual pada materi elastisitas dan hukum hooke sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Sekar Rachmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pbl-stem dan berbantuan media simulasi virtual pada materi elastisitas dan hukum hooke sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Sekar Rachmasari

Rachmasari, Sekar (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pbl-stem dan berbantuan media simulasi virtual pada materi elastisitas dan hukum hooke sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Sekar Rachmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kreatif masih banyak ditemui dalam pembelajaran fisika salah satunya yaitu materi elastisitas dan hukum Hooke. Kemampuan berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam menemukan solusi untuk pemecahan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Namun solusi perangkat pembelajaran berbasis PBL-STEM dan berbantuan media simulasi virtual untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif pada materi elastisitas dan hukum Hooke masih jarang dilakukan. Oleh sebab itu penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis PBL-STEM dan berbantuan media simulasi virtual sebagai upaya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada elastisitas dan hukum Hooke. Metode penelitian ini yaitu metode R amp D dengan model 4D namun pada penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap pengembangan (develop) dengan uji validasi dan kepraktisan. Dari uji validasi dan uji kepraktisan memperoleh hasil sangat valid dan sangat praktis dengan persentase validasi RPP sebesar 98 88% persentase hasil validasi LKPD sebesar 98 70% persentase hasil validasi handout sebesar 99 07% serta persentase uji kepraktisan untuk LKPD sebesar 90 22% dan untuk handout sebesar 90 27%. Berdasarkan hasil persentase uji validasi dan kepraktisan diperoleh kesimpulan bahwa produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini valid dan praktis digunakan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan ada penelitian lanjutan untuk memanfaatkan hasil pengembangan produk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268236

Actions (login required)

View Item View Item