Konstruksi science teacher identity dari guru fisika SMA / Imas Aulia Salma - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi science teacher identity dari guru fisika SMA / Imas Aulia Salma

Salma, Imas Aulia (2022) Konstruksi science teacher identity dari guru fisika SMA / Imas Aulia Salma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dengan topik teacher identity telah banyak dilakukan di Indonesia namun belum banyak berkembang di bidang sains. Teacher identity menjadi penting untuk diketahui bagi seorang guru agar dapat mengenali dan memahami diri serta perannya sebagai seorang guru sehingga guru dapat memutuskan langkah optimal yang diambil dalam meningkatkan profesionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi science teacher identity seorang guru fisika yang memiliki beberapa peran seperti guru istri dan ibu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang berbentuk single case study. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur yang dilakukan dengan satu partisipan. Data yang diperoleh kemudian dikonfirmasi kepada rekan kerja dan siswa sebagai bentuk triangulasi data. Penelitian ini menggunakan konstruksi teacher identity yang meliputi sembilan komponen. Partisipan utama merupakan seorang guru fisika wanita berusia 27 tahun yang memiliki passion untuk mengajar fisika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang didapat karena pengalaman komitmen dan dukungan eksternal mempengaruhi konstruksi science teacher identity yang dibentuk oleh seorang guru fisika. Lebih lanjut hasil temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai pijakan untuk mengetahui bagaimana konstruksi science teacher identity agar dapat ditentukan langkah-langkah konkret dalam pengembangan science teacher identity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268231

Actions (login required)

View Item View Item