Pengembangan e-module interaktif fisika berbasis android dilengkapi soal dengan scaffolding dalam menerapkan konsep gelombang cahaya / Alvia Quthrotun Nada - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module interaktif fisika berbasis android dilengkapi soal dengan scaffolding dalam menerapkan konsep gelombang cahaya / Alvia Quthrotun Nada

Nada, Alvia Quthrotun (2022) Pengembangan e-module interaktif fisika berbasis android dilengkapi soal dengan scaffolding dalam menerapkan konsep gelombang cahaya / Alvia Quthrotun Nada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbentuk E-Module berbasis android dilengkapi soal dengan scaffolding pada materi gelombang cahaya. Pada penelitian ini digunakan model Research and Development (R amp D) dengan metode 4-D. Tahapan pengembangan 4D diantaranya adalah define design develop dan disseminate namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (design) dengan uji kevalidan dan kepraktisan. Validasi produk dilakukan oleh tiga validator ahli media dan materi yaitu 1 dosen dan 2 guru fisika SMA sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh 48 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Paciran. Hasil penelitian diperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan persentase dan dikategorikan kriteria kevalidan dan kepraktisan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa produk E-Module interaktif fisika berbasis android materi gelombang cahaya. Dari uji validasi oleh validator diperoleh persentase hasil rata-rata untuk validasi media dan materi adalah 90% dengan kriteria sangat valid. Hal tersebut menunjukan bahwa materi yang disajikan sesuai dengan kurikulum sehingga dapat menunjang belajar siswa. Pada hasil uji validasi latihan soal dengan scaffolding diperoleh persentase rata-rata adalah 97% dan persentase soal evaluasi adalah 96% dengan kriteria sangat valid. Hal tersebut menunjukan bahwa latihan soal dan soal evaluasi yang telah dibuat valid digunakan siswa dalam mempelajari gelombang cahaya serta valid dimuat dalam e-module yang dikembangkan. Dari hasil uji kepraktisan diperoleh persentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Hal tersebut menunjukan bahwa produk yang dikembangan sangat valid dan sangat praktis sehingga layak diteliti efektivitasnya sehingga dapat lebih menunjang pembelajaran fisika dalam memahami konsep gelombang cahaya baik digunakan secara mandiri maupun pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268228

Actions (login required)

View Item View Item