Pengaruh discovery learning dengan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi / Zuyyinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh discovery learning dengan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi / Zuyyinah

Zuyyinah (2022) Pengaruh discovery learning dengan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi / Zuyyinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memahami konsep merupakan tujuan penting dalam proses pembelajaran fisika. Materi fisika yang harus dikuasai oleh siswa salah satunya ialah materi usaha serta energi. Siswa yang menguasai materi usaha dan energi mampu untuk memecahkan permasalahan tentang gerak dalam kehidupan sehari-hari. Peran siswa dalam pembelajaran masih sangat kurang sehingga keterampilan siswa dalam prosesnya masih rendah yang mengakibatkan kurangnya pemahaman terhadap materi yang dimiliki oleh siswa. Oleh sebab itu metode pembelajaran fisika yang tepat digunakan ialah yang mengaitkan siswa secara langsung yakni model Discovery Learning. Selain menggunakan model discovery learning peneliti juga menggunakan media pembelajaran berbasis audiovisual. Media pembelajaran yang dimaksud adalah video pembelajaran yang mendukung materi pembelajaran. Video pembelajaran adalah salah satu media yang dapat digunakan di masa pandemi yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan tidak mudah merasa bosan dengan penyampaian materi melalui video sehingga akan membuat siswa lebih memahami konsep yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh discovery learning dengan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen yaitu X MIPA 1. Data keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen memperoleh rerata sebesar 90 48 % yang dapat dikatakan bahwa pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Data dianalisis dengan statistik deskriptif menghasilkan mean posttest sebesar 40 20 lebih tinggi dari pada mean pretest sebesar 19 20. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai pemahaman konsep siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model discovery learning dengan video pembelajaran. Kemudian data dianalisis menggunakan uji non parametrik yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp.sig. (2-tailed) sebesar 0 00 lt 0 05 dapat disimpulkan bahwa Hipotesis penelitian (Ha) diterima. Artinya ada perbedaan antara pemahaman konsep siswa untuk pretest dan posttest. Dikarenakan dari hasil statistik deskriptif terjadi peningkatan dan di uji Wilcoxon terdapat perbedaan sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan discovery learning dengan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 07:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268226

Actions (login required)

View Item View Item